Memindahkan Aplikasi Ke sdcard Dengan move2sd enabler

Saturday, January 26, 2013

   Assalamualaikum sobat blogger... Judul di atas mungkin sudah banyak yang beredar, sebenarnya banyak cara untuk memindahkan aplikasi ke sdcard, dan menurut saya hanya ini yang saya pilih. Sebelumnya saya pakai S2E bawaan custo rom, dan ternyata ketika hape mati dan direboot ulang aplikasi yang sudah saya pindahkan hilang dan memaksakan saya untuk menginstal ulang. Tapi dengan move2sd enabler, semua masalah teratasi tanpa masalah hahaha....

   Internal is full memang sangat menjengkelkan, apalagi sudah banyak aplikasi menarik yang beredar di android. Kebanyakan menginstal aplikasi mengakibatkan memori internal jadi penuh dan juga mengurangi kinerja hape android. Maka saya share cara memindahkan aplikasi ke sdcard dengan move2sd enabler.




Caranya :

Syarat untuk menggunakan aplikasi ini ialah perangkat kita harus sudah di root dulu, kalau belum tau caranya, silahkan baca disini ( untuk froyo ), dan disini (untuk Ginggerbread). Kalau belum menginstall aplikasi ini, biasanya aplikasi yang setelah diinstall tidak bisa dipindahkan ke SD Card, dimana tombol untuk Move to SD Card dinonaktifkan oleh sistem.

1. Download aplikasi move2sd enabler disini kemudian install

2. Restart HP

3. Buka aplikasi Move2SD Enabler, Aplikasi ini mengharuskan kita mengaktifkan mode USB Debungging dan meminta hak akses super user/root, pilih Enable jika kamu belum mengaktifkan mode USB Debungging.

4. Kemudian pilih I’ve read it, dan Next. Maka akan muncul 3 pilihan yaitu Auto, Internal, dan External. Pilih yang External dan klik Apply.


5. Selesai

Untuk memindahkan aplikasi dari memori internal ke SD Card, silahkan masuk ke Settings > Applications > Manage Applications. Pilih salah satu aplikasi, maka tombol Move to SD Card akan aktif, dan ngga perlu khawatir memori habis lagi deh...

7 komentar:

Nerindra Ren said...

gan aplikasi ini bisa dipake di cm 10.1 JB 4.2.2 nggak ?

satya decky said...

ngga bs gan, saya udah nyoba. klo buat CM10 JB 4.2 pake link2sd aja.

Nur Hasan said...

min cara ikin partisi gimana ya?

tolong dipandu ya


thanks

Anonymous said...

Ngebantu banget!
Makasih Gan!
Maju Terus!

franky sequislife said...

setelah di install move2sd enablernya terus di ikuti prosedurnya ternyata ketika memilih eksternal dan klik aply yang keluar -> unable to change the defaulinstall location..mohon bantuan!

satya decky said...

Jangan lupa MicroSD agan harus sudah dipartisi..

dandi alfian said...

gan kenapa yg gua tidak bisa masuk ketika sudah di tekan next
mohon bri tau ya..

Post a Comment

Apabila ada pertanyaan kritik dan saran mohon di isi di kolom komentar.