Cara Partisi SD Card Dengan MiniTool Partition Wizard

Tuesday, November 13, 2012



PERINGATAN:
Sebelum mempartisi sdcard, disarankan untuk membackup data-data ke pc dahulu dikarenakan, ketika proses partisi semua data di dalam sdcard akan terhapus. Tapi jika itu tidak masalah silahkan melanjutkan tutorial ini.

Cara Partisi SD Card

Step by step cara partisi SD card adalah:

1. Download MiniTool Partition WizardHOME yang Free di sini.

2. Install software tersebut.

3. Cabut / lepaskan SD Card dari smartphone Galaxy Mini, lalu masukkan SD card ke Memory Card Reader, setelah itu tancapkan Memory Card Reader ke komputer.  (kalo belum punya Memory Card Reader, beli dulu ya – cuma 8rb kok)

4. Buka software MiniTool Partition Wizard Home Edition.

5. Cari nama SD Card Anda, biasanya di Disk 2. Punya saya GALMINS5570, kapasitasnya 7.42GB (8GB). Kalo SD card punya Anda kapasitasnya 2GB, cari aja yang disitu tertera 1.8GB atau berapa yang jelas dibawah 2GB. Kenapa ukuran di software tersebut tidak tercatat sesuai aslinya? misal 8GB harusnya kan tertera 8GB. Silahkan gugling sendiri. hehe..


6.  Kalo sudah ketemu, klik kanan nama drive SD card Anda >> Delete.


7. Klik kanan lagi >> Create




 8. Setting seperti pada gambar berikut, lalu klik tombol OK.


Untuk nomor 3, Silahkan ubah sesuaikan sendiri. Pada gambar tersebut Unallocated Space After: 835.79 MB artinya nantinya memori internal smartphone akan bertambah menjadi 835.79 MB + 180 MB (bawaan).

Khusus yang mempartisi SD card dengan kapasitas 2GB:

Nomor 1: Primary

Nomor 2: FAT

Nomor 3: Silahkan Unallocated Space After nya dibuat kisaran 300MB s/d 500MB

Nomor 4: Silahkan namai sesuai keinginan Anda.

9. Yap.. Partisi pertama sudah jadi. Sekarang klik kanan drive yang tanda *: dibawah drive Partisi pertama yang Anda buat tadi >> pilih dan klik Create


Muncul gambar berikut:


Pilih Yes.

10. Atur / setting sesuai gambar berikut, lalu klik tombol OK.


11. Cek Operations Pending yang berada di panel sebelah kiri, akan tampak seperti ini:


Lalu klik tombol Apply.





Muncul gambar seperti ini,


Pilih Yes.

12. Tunggu prosesnya sampai selesai, seperti pada gambar di bawah ini.


Klik OK, dan SD card Anda sekarang sudah memiliki 2 buah Partisi! Terakhir close program MiniTool Partition Wizard Home Edition lalu copy kembali semua isi SD card yang tadi telah di backup.

NB: Melakukan partisi SD card ini diperuntukkan khusus jika ingin menginstall / menggunakan custom ROM.

16 komentar:

Andreas Setiawan said...

maaf gan mao nanya, kalo ane udh install costum rom baru mau partisi bisa ga gan?
terus tutorial untuk partisi sd card yg 8 ato 4 gb sama ga gan, kaya diatas..

makasih gan...

satya decky said...

bisa gan, agan bs partisi sdcardnya dengan tutor di atas. Dan juga agan bs partisi sdcardnya langsung dari hape agan dengan CWM.

Andreas Setiawan said...

ada treath partisi lewat cmw ga gan??

satya decky said...

maaf gan saya blom buat, coba agan cari dulu di google. Saya blom bs nulis artikel coz, lagi sibuk..hehehe

Andreas Setiawan said...

hehe
oke thnx gan...

Gheasapta Segi said...

gan download minitool nya gimana? kan udah pilih yg home, trus download, kok gak mucul2 downloadnya?

satya decky said...

Setelah pilih home lalu download, trus nanti bakalan dibawa ke situs cnet. Nah download aja dari sana...smoga membantu.

Anonymous said...

agan unyu2 makasih ya ane udah ikutin tutor eyang subur eh salah hahaha mksd nya eyang satya decky hahhaa
thank and makasih om

FjhFirstTheGame001 said...

KANG LIAT PARTISI BERHASIL DILAKUKAN DMNA LIATNYA ????? BALAS CEPET PLISS THANK YUU

Anonymous said...

gan itu buat gal fit bisa gakkk...

satya decky said...

Agan liat disk2! Kalo udah ada tiga bagian berarti sudah berhasil.

satya decky said...

Buat sdcard apa aja bisa

Anonymous said...

gan mo nanya, Cara ini bisa juga kan buat sd card 16 GB ???

satya decky said...

Bisa

queen said...

gan, kok pas mu bwt partisi ke duanya gak bisa yah? FAT 32 nya dah jadi, pas mu bwt yg brktnya kok gak bs di create. dbwh partisi pertama gak ada tnd *: (gak ada partisi yg unlocated

satya decky said...

jgn lupa disetting unalocated space afternya ktk buat partisi pertamanya.

Post a Comment

Apabila ada pertanyaan kritik dan saran mohon di isi di kolom komentar.